Monday, August 01, 2005

weekend kemana aja?

itu pastinya pertanyaan standar yang hampir saban hari senin kita terima..
Dan hari ini dah 4 orang menanyakan hal yang sama. Well, fyi, weekend gue garing total. ga enag badan, seharian tidur.. nonton tv ga jelas.. Bayangkan dua hari terkapar, cuma bisa megang remote doank.

Well well, tapi ada hal yang menarik juga ternyata.
Entah kenapa, dua hari berturut2 itu pula gue nonton hal yang sedikit menggelitik jiwa feminis gue.

Yang pertama ada ajang pemilihan putri indonesia.. dan yang kedua Swan beauty contest. Dua2nya sama2 pemilihan cewek yang paling cantik diantara sekian cewek lain. Walaupun dengan embel2 3B yang menurut gue nonsense belaka. Liat aja gimana cara jawab putri indonesia yang menang kemaren. Anak SD juga bisa jawab pertanyaan kayak gitu. Bahkan lebih baik mungkin. Satu2 nya hal yang menonjol adalah tuh putri jauh lebih cantik dibandingkan yang lain dan lebih tinggi sehingga ga malu2in Indonesia kalo ngirim dia ke Miss Universe again... Yah, tapi kan itu cuma pendapat orang awam kayak gue yang ga ada penting2nya ma hal2 kayak begituan.

Dan satu lagi,kontes final SWAN dimana sebelumnya para kontestannya dilakukan perubahan secara total yang menurut gue gila juga.. bayangin aja kalo ada orang dipermak, operasi muka, sedot lemak sana sini demi satu kata "cantik". Dan para kontestan itu semua merasa bahwa kekurangan yang mereka miliki itu semua membuat kepercayaan diri mereka rendah. Setelah perubahan yang dilakukan itu maka semua pun unjuk diri bahwa sang itik yang buruk rupa telah berubah wujud menjadi angsa nan cantik jelita.. Kebayang kalo semua orang menjadi cantik.. dan tak ada lagi orang yang merasa dirinya jelek di dunia ini..

Lalu apa untungnya yah.. toh itu hanya topeng belaka. Tetap saja mereka ada orang2 yang berkepercayaan diri rendah yang bersembunyi dibalik topeng2 kacanya? entahlah.. mungkin mereka lebih berbahagia sekarang. Rasa diterima sebagai makhluk manusia yang seutuhnya diantara para masyarakat yang menganut paham Lookisme.

Tapi entah kenapa semua itu sebenarnya mengingatkan kata-kata yang pernah diucapkan oleh seseorang yang pernah saya sayangi, sudah lama, namun tetap saya ingat.

===============================================
bukan karena cantik orang jatuh cinta
tapi karena jatuh cinta orang terlihat cantik
===============================================

saya jadi berpikir, apa dia mengatakan itu dengan kata lain bahwa saya tidak cantik?. Hahahahaha entahlah.. yang jelas tak perlu sampai ikutan swan segala kan untuk menjadi cantik... tapi satu yang saya tahu pasti, wanita tetaplah cantik tanpa harus memakai mahkota dikepalanya..

1 Comments:

Blogger IaNz said...

wiken ini gw juga gak jelas, ngebetein banget, abis wiken ini kudu ikut training..gw jadi inget filosofi temen2 gw di kantor lama:

kerja itu kewajiban
tapi lembur itu pilihan

minggu kemaren gw juga terkapar, maksud hati ingin jalan, apa daya gw kecapean....dan sekarang udah senen aja loooh:(

yupe, biarpun sebenernya hati kecil gw menolak, tapi gw agree sama lo nad...

menjadi cantik bukanlah karena mahkota di kepala
menjadi cantik bukanlah karena lebih banyak sms yang memilih anda

gw pernah dateng ke sebuah sekolah anak cacat, disana tergeletak puteri seorang penjual ketoprak, wajahnya jauh banget dengan artika sari, nadine, atau amelia vega. Tapi tak henti-hentinya sang bunda memuji puterinya, baginya, puterinya laksana bidadari yang turun dari langit, yang menyinari hari-hari keluarga mereka.

...tapi keadaan yang berbeda gw temuin kalo' gw sama some temen-temen gw yang ce, biarpun mereka udah 'physically perfect', tapi tetep aja ngerasa diri 'not perfect'..bahkan rela nyusah2in diri...just to get attention, ingin lebih dari yang lain.

-0815051041-

8:45 PM  

Post a Comment

<< Home